Jasa Perbaikan dan Renovasi Rumah

Perawatan dan Perbaikan Rumah Tinggal

Untuk menjaga agar kondisi rumah tinggal tetap terasa nyaman dan terjaga dengan baik, tentunya diperlukan perawatan dan perbaikan pada beberapa bagian yang mengalami kerusakan. Rumah yang sering dirawat, dipelihara, dan juga diperbaiki beberapa bagian yang mulai rusak, tentunya akan berdampak pada kualitas bangunan itu sendiri, misal kondisi rumah menjadi lebih awet dan tahan lama. Banyak bagian rumah yang perlu mendapat perhatian. Dalam melakukan perbaikan dan juga perawatan setiap bagian dari rumah tersebut, terdapat beberapa jenis kerusakan, misalnya kerusakan kecil atau minor, dan juga kerusakan besar. Namun yang menjadi point penting dalam melakukan perawatan disini adalah, bagaimana kita menjaga agar rumah tersebut terawat dengan baik. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan oleh kita sendiri ataupun juga oleh pihak luar, semisal jasa renovasi dan perbaikan rumah.

Instalasi Listrik dan Penerangan

Salah satu yang mungkin sering dilupakan oleh pemilik rumah adalah kurangnya perhatian terhadap kondisi instalasi rumah. Baik instalasi untuk perlengkapan elektronik atau instalasi untuk lampu penerangan. Padahal, konsekuensi dari kurangnya perawatan pada instalasi listrik sangat fatal akibatnya, bisa berupa kebakaran, rusaknya peralatan elektronik, dan mungkin juga membengkaknya biaya listrik itu sendiri. Instalasi listrik yang harus menjadi perhatian adalah penggunaan peralatan elektronik, apakah terlalu banyak beban atau tidak. Jika ternyata beban yang digunakan melebihi kekuatan kabel instalasi, tentunya hal ini sangat berbahaya. Untuk itu, sebisa mungkin dalam satu titik stop kontak tidak boleh terlalu banyak cabang yang digunakan sebagai sumber daya listrik tersebut.

Perbaikan Instalasi Listrik

Selain itu, perawatan instalasi lainnya adalah kita mesti rutin melakukan pemeriksaan pada beberapa instalasi yang tidak terlihat karena berada diatas plafon misalnya. Beberapa kasus kebakaran yang terjadi, salah satunya diakibatkan hubungan arus pendek karena kondisi kabel yang terkelupas. Untuk pemeriksaan pada bagian instalasi ini, ada baiknya melibatkan orang yang ahli dalam hal perbaikan instalasi listrik.

Pengecatan kembali Dinding

Seiring berjalannya waktu, biasanya kondisi warna pada dinding akan mulai pudar. Apalagi untuk bagian ekterior rumah, yang sering terkena panas dan hujan. Untuk meminimalisir warna eksterior yang cepat pudar, disarankan menggunakan jenis cat dengan kualitas baik, paling tidak bisa tahan sampai 5 tahun, sehingga kita tidak perlu sering sering melakukan pengecatan ulang. Demikian juga untuk bagian interior rumah tersebut.

Pengecatan Rumah Tinggal

Biasanya, untuk bagian interior rumah, pengecatan yang dilakukan karena kondisi dinding yang kotor, entah itu bekas coretan anak anak, noda minyak, dan lain lain. Kondisi warna yang sudah tidak bersih lagi juga perlu mendapat perhatian untuk dilakukan pengecatan ulang kembali. Untuk pengecatan ulang, baik interior maupun eksterior, Anda bisa mengecatnya sendiri atau bisa juga menggunakan jasa kontraktor pengecatan yang banyak tersedia. Biaya pengecatan juga tidak terlalu mahal, yang penting kita tepat dalam memilih jenis cat yang berkualitas agar tahan lama.

Saluran Air

Meskipun terlihat sepele, saluran air atau drainase yang tidak dirawat bisa berakibat tersumbatnya aliran air, apalagi jika saluran tersebut adalah drainase untuk limbah. Oleh karena itu, untuk memudahkan pembersihan saluran air, disarankan juga untuk membuat drainase yang berdiameter cukup besar dan juga mudah untuk melakukan perawatan, salah satunya membersihkan saluran itu sendiri. Beberapa penyebab yang sering mengakibatkan mampetnya saluran air adalah bekas sisa sisa makanan atau memasak yang ikut terbuang melalui saluran air tersebut. Oleh karena itu, pemasangan filter atau saringan di ujung drainase sangatlah penting.

Perbaikan Rumah tinggal yang Rusak

Setelah melakukan beberapa perawatan secara rutin untuk bagian bagian yang sekiranya berdampak terhadap kualitas bangunan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa perbaikan untuk bagian yang mungkin ditemukan adanya kerusakan. Jenis kerusakan itu sendiri pernah kami tulis, antara lain untuk kerusakan minor atau kecil, dan juga kerusakan besar. Jenis kerusakan ini bisa dilakukan secara sendiri atau menggunakan jasa renovasi rumah. Untuk kerusakan yang kecil kecil, semisal mengecat bagian sudut rumah, mengganti stop kontak yang rusak, dan lain lain, Anda bisa melakukan sendiri. Sedangkan untuk jenis kerusakan yang besar, Anda bisa memanggil jasa renovasi rumah yang ada disekitar Anda.

 

Related Posts

Leave A Reply